Cara Membuat Kaca Mobil Menjadi Bersih

Cara Membuat Kaca Mobil Menjadi Bersih

Royaltekno.com -Musim hujan telah tiba. Pengemudi harus sangat berhati-hati karena percikan atau hujan dapat mengganggu jarak pandang.

Pada umumnya, banyak pengemudi yang hanya mengandalkan wiper. Padahal ada teknik alternatif untuk menjaga kaca depan tetap bersih dan meningkatkan efektivitas wiper. Selain itu, hujan dan cipratan air sering kali meninggalkan embun dan tetesan air.

Menurut situs resmi Daihatsu pada Kamis, 8 Februari 2018, ada tips membuat kaca mobil tahan air seperti daun talas. Alat yang dibutuhkan juga minim, terdiri dari kain bersih dan kompon gosok.

Indonesia telah memasuki musim pancaroba yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi. Hampir seluruh negara Indonesia terendam banjir.

Tentu saja, jika hujan turun dengan lebat, salah satu masalah yang akan muncul saat berkendara di tengah hujan adalah jarak pandang yang berkurang akibat derasnya hujan yang mencipratkan kaca.

Kondisi ini memang tak terhindarkan, namun ada berbagai strategi yang bisa dilakukan untuk mengimbangi gangguan penglihatan kita saat berkendara.

Bagaimana ini bisa dihindari? Berikut ini adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk memastikan visibilitas mobil Anda jelas bahkan saat hujan deras.

Cara Termudah Membuat Kaca Mobil Menjadi Bersih

1. Pastikan kaca jendela mobil bebas jamur.

Jamur sering menyebabkan jendela menjadi keruh, bahkan saat hujan deras. Tidak ada alternatif untuk membersihkan atau mencegah jamur menempel di bagian depan kaca jendela.

Ini dapat dicapai dengan menggunakan obat pembersih jamur khusus atau dengan menggunakan alternatif yang lebih murah seperti pembersih kaca akuarium. Bersihkan jendela mobil Anda setidaknya seminggu sekali, dan mungkin lebih sering jika hujan turun setiap hari.

2. Menjaga karet pada wiper

Jangan biarkan karet wiper mengeluarkan suara bising karena terlalu rapat dengan kaca, atau sebaliknya karena tidak mampu menghalangi aliran air hujan dari atap ke jendela karena terlalu longgar.

Pertahankan fleksibilitas untuk memastikan kinerja yang optimal. Tentu saja, ini adalah tindakan pencegahan; prosesnya sesederhana menggabungkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Anda juga dapat menggunakan silikon cair pada karet wiper. Ini adalah tindakan pencegahan.

3. Periksa apakah wiper reservoir masih terisi.

Cara paling dasar adalah mengisinya dengan air bersih. Metode yang lebih baik lagi adalah menggunakan cairan yang dibuat khusus untuk gadget ini.

Cairan tambahan untuk wiper ini banyak tersedia di pasaran, dan harganya cukup terjangkau. Namun, jika Anda dalam keadaan darurat, Anda dapat menggunakan alternatif yang murah dengan mencampurkan sedikit air dengan sabun.

4. Menggunakan Cairan Rain Repellent

Apakah Anda sering merasa terganggu meskipun kaca jendela sering dibersihkan? Mungkin ada yang salah dengan komponen kaca Anda yang membutuhkan pelumasan; bukankah kaca yang bersih.

Membuat tampilan lebih cerah? Untuk mengembalikan kilap kaca mobil Anda, gunakanlah rain repellant yang sering dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 40-150 ribu. Bukankah itu murah?

Leave a Comment