Apa Yang Dimaksud Dengan Aplikasi Jakclm 2021

Apa Yang Dimaksud Dengan Aplikasi Jakclm 2021

Royaltekno.com – Pemerintah provinsi Jakarta kini telah meluncurkan sebuah aplikasi Jaki. Aplikasi tersebut telah dikembangkan melalui Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City.

Kepala BLUD Jakarta Smart City Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa, aplikasi Jaki diproyeksikan menjadi city-super apps sekaligus one-stop service untuk seluruh warga ibu kota.

Aplikasi Jaki merupakan SuperApps yang kini dikembangkan oleh pemprov DKI yang mengintegrasikan berbagai layanan publik dan juga informasi resmi dari berbagai dinas di Jakarta.

Aplikasi tersebut sebelumnya pernah dikenalkan melalui Town Hall Meeting 2019 pada 27 September 2019

Aplikasi ini diharapkan bisa membantu dan memenuhi setiap kebutuhan sehari-hari warga dan mengintegrasikan dari seluruh layanan masyarakat di Indonesia.

Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur penanganan pandemi yang bisa dimanfaatkan, seperti fitur JakCLM yang brpungsi untuk memeriksa resiko mandiri gejala Covid-19.

Fitur JakCorona ini merupakan sebagai pusat mengenai informasi kasus corona di Jakarta, dan fitur Jakpor yaitu untuk melaorkan permasalahan kota seperti halnya pelanggaran PSBB.

Lewat Jaki, warga Jakarta juga bisa memantau dari 4000 lokasi Wi-Fi gratis yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Aplikasi Jaki ini menjadi pusat informasi dan layanan untuk mengetahui berbagai kebutuhan di Jakarta. Dan pemerintah telah mengembangkan 3 fitur pada aplikais tersebut.

Berikut adalah Fitur Baru dari Aplikasi Jaki

  1. JakWifi

Fitur baru yang tersedia di Jaki adalah, bisa mendukung program internet untuk semua Jakwifi. Fitur tersebut akan memudahkan warga Jakarta dalam menemukan 4.956 titik Wi-Fi publik gratis.

Informasi yang tertera pada aplikasi tersebut meliputi titik wI-fI yang akan menjadi bagian dari sebuah kolaborasi program JakWifi.

Yaitu titik lokasi, titik kenal lokasi seperti diantaranya area publik , RPTRA, gedung sekolah dan masih banyak juga dengan yang lainnya.

Titik lokasi Wi-Fi pada fitur ini juga bisa dicari lewat Google Maps dengan sebuah tap titik yang akan dilihat. Kemudian tap ikon peta pada sisi kanan layar.

Untuk memaksimalkan sebuah pelayanan, JakWIFI juga semakin disempurnakan, supaya nantinya bisa memberikan informasi yang lebih lengkap seperti klasifikasi lokasi WI-Fi.

2. JakCorona

Fitur baru yang kedua adalah JakCorona. Dengan JakCorona ini memungkinkan warga untuk bisa mengetahui kondisi ter-update seputar perkembangan kasus corona yang masih dalam gangguan.

Untuk menjamin sebuah kekuatan, semua infomasi yang tersedia dalam fitur JakCoron, seperti pantauan covid-19 di Jakarta, peta persebaran covid-19 di setiap wilayah kelurahan dan juga data bantuan sosial.

JakCorona juga telah menyediakan sebuah pintasan nomor darurat yang dapat dihubungi masyarakat untuk kedaruratan yang selalu berkaitan dengan pandemi Covid-19.

3. JakCLM

Fitur ketiga adalah Corona Likelihood Metric (LCM) yang mana dalam fitur JakCLM ini merupakan sebuah fitur aplikasi uji risiko mandiri gejala covid-19. Fitur tersbeut sangat berguna sekali untuk mengukur risiko seseorang yang terjangkit Covid-19.

Fitur tersebut juga didukung dengan teknologi berbasis machine learning. JakCLM juga dapat memberikan rekomendasi medis yang sangat sesuai dengan jawaban dari pengguna Jaki.

Dengan hasil pengecekan yang akan dilakukan berdasarkan setiap jawaban yang diisi, seperti usia, jenis kelamin, kondisi klinis sampai riwayat kontak dan bepergian.

Berikut adalah fitur Jaki lainnya :

  • JakWarta
  • JakLapor
  • JakRespons
  • JakISPU
  • JakSurvei
  • JakSiaga
  • JakApps
  • JakPantau
  • JakPangan
  • JakAman
  • JakSekolah
  • JakServ

Nah itu tadi pembahasan mengenai sebuah aplikasi Jaki yang telah diluncurkan oleh pemerintah DKI Jakarta, semoag pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

You May Also Like

About the Author: resi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *