Cara Melacak HP Hilang Dengan Menggunanakan IMEI

Cara Melacak HP Hilang Dengan Menggunanakan IMEI

Royaltekno.comCara Melacak HP Hilang Dengan Menggunanakan IMEI – Kalau misalnya ponsel kalian hilang, entah itu dicuri atau misalnya karena jatuh di suatu tempat. Tentunya kalian akan merasa panik, apalagi pada ponsel tersebut banyak kontak dan data penting.

Langkah pertama yang kalian lakukan ketika mengalami HP hilang mungkin kalian akan berusaha mencari cara melacak HP tersebut. Tentunya caranya adalah melacak dengan menggunakan imei HP tersebut.

Maka dari itu admin akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara melacak hp hilang dengan menggunakan imei yang tertera pada HP yang hilang tersebut.

Namun sebelum masuk ke pembahasan, apakah kalian sudah tau apa itu imei?

Ya, International Mobile Equioment Identity (IMEI) merupakan sebuah nomor identitas smartphone. yang terdiri dari 15 digit angka. Nomor IMEI itu sendiri bisa kalian temukan pada bodi perangkat, bagian baterai misalnya.

Salah satu cara mengecek IMEI HP, kalian bisa dengan melihat menu ‘About Device’ (Tentang Perangkat) pada pengaturan smartphone yang kalian miliki atau bisa juga dengan mengetik kombinasi nomor *#06#.

Manfaat dari IMEI itu sendiri biasanya digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Karena nomor IMEI tersebut telah terhubung pada database kartu SIM operator seluler.

Cara Melacak HP Hilang dengan Nomor IMEI

Bagaimana cara melacak HP hilang dengan menggunakan nomor IMEI? Apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Tentu saja bisa, namun dengan satu syarat, kalian harus memilik surat keterangan hilang dari pihak yang berwajib.

Kenapa hal tersebut harus dilakukan?, karena dengan begitu operator akan dengan mudah untuk melacak HP yang hilang dengan menggunakan IMEI tersebut.

Mungkin cara ini merupakan cara yang agak ribet dan juga butuh sedikit usaha. Kalian harus bolak-balik mengurus surat keterangan dari kantor polisi dan juga dari pihak provider kartu seluler yang digunakan.

Namun cara tersebut merupakan cara aman untuk melacak HP yang hilang dengan menggunakan IMEI. Karena semua privasi data kalian yang tertera pada ponsel tersebut akan lebih aman dan terjaga.

Jika kalian telah mendapatkan nomor IMEI, langkah selanjutnya adalah menghubungi call center operator seluler smartphone atau bisa mengunjungi gerai operator penyedia jaringan.

Dan tunjukan nomor IMEI serta nomor ponsel kepada pihak operator seluler. Maka nanti petugas akan memberitahu keberadaan ponselmu yang hilang dengan menggunakan dua nomor tersebut.

Namun perlu kalian ketahui, bahwa cara tersebut bisa dilakukan selagi ponsel yang hilang masih memiliki koneksi ke internet, GPS dan ponsel masih dalam keadaan aktif atau menyala.

Jika keadaan ponsel dalam kadaan mati (nonaktif) dan kartu SIM tersebut telah diganti, kemungkinan besar lokasi keberadaan HP yang hilangpun tidak bisa terdeteksi . Artinya kalian tidak bisa melacak HP yang hilang.

Selain dengan menggunakan IMEI, kalian juga bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk melacak HP yang hilang, seperti diantaranya Where’s My Droid. Find My Device, CrookCather dan Prey Anti-Theft.

  1. Where’s My Droid

Dengan fitur canggih dari Where’s My Droid ini bisa membantu kalian untuk melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan GPS.

Dengan kecanggihan fitur tersebut, GPS akan memberi notifikasi ketika ponsel yang hilang dalam keadaan lowbet, dan bisa mengetahui kalau misalnya kartu SIM tersebut telah diganti.

2. Find My Device

aplikasi ini merupakan salah satu solusi untuk membantu melacak HP hilang. Dengan aplikasi ini kalian bisa mengunci smartphone kalian yang hilang dari jarak jauh.

Yang bertujuan untuk melindungi privasi serta data penting yang ada didalam ponsel tersebut. Dengan fitur unggulannya adalah Locate Your Phone.

3. CrookCatcher

Crook artinya pencuri atau penipu dan cather artinya penangkap. Maka dari itu aplikasi ini berfungsi untuk menangkap lokasi si pencuri ponsel.

Dengan otomatis CrookCather ini akan mengambil foto detail si pencuri dan otomatis terkirim ke email yang kalian miliki pada ponsel tersebt.

4. Prey Anti-Theft

Sama seperti aplikasi CrookCather, aplikasi ini juga memiliki fitur kamera depan. Fitur tersebut akan menangkap rupa atau wajah dari pencuri yang berusaha membobol isi ponsel kalian.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan apabila mengalami kehilangan HP secara di curi maupun hilang. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua.

You May Also Like

About the Author: resi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *