Inilah 5 Kelebihan SSD Dibanding HDD, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Royaltekno.comKelebihan SSD Dibanding HDD Media untuk menyimpan file dalam ukuran besar tersedia dalam dua jenis, yaitu SSD yang biasa disebut juga Solid State Drive serta HDD atau dikenal dengan sebutan Harddisk. Penggunaan SSD memang tidak sepopuler HDD, tetapi ada sejumlah kelebihan SSD dibanding HDD sehingga membuatnya tetap memiliki nilai jual. Biarpun tak sebanyak pengguna HDD, SSD tetap diminati untuk laptop atau PC dengan kebutuhan khusus.

Memang tidak semua orang mengetahui bahwa saat ini menyimpan file tidak harus menggunakan HDD, hal ini dikarenakan SSD yang baru muncul beberapa tahun belakangan ini. Awalnya penyimpanan file komputer hanya bisa menggunakan HDD, tetapi karena teknologi terus berkembang dan semakin maju maka penyimpanan file juga bisa menggunakan komponen lainnya seperti SSD. Untuk lebih jelasnya, simak kelebihan SSD dibanding HDD berikut ini:

5 Kelebihan SSD Dibanding HDD, Wajib Tahu Sebelum Beli!

1. Performa dalam Membaca File Lebih Baik

Jika dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki performa kinerja yang lebih baik. Terutama ketika membaca file yang telah disimpan. SSD mampu membaca dan mengidentifikasi file lebih cepat dari HDD, sehingga pengguna akan lebih mudah dalam mencari file yang diinginkan. Selain itu, kecepatan dalam membuka file di SSD lebih baik dibandingkan dengan HDD meskipun dalam kondisi memori yang sudah penuh.

2. Lebih Cepat Menjalankan Software

Kinerjanya yang sangat baik pada SSD bisa diandalkan sebagai tempat penyimpanan local disk (c) untuk menjalankan software. Jika dibandingkan dengan HDD, SSD mampu menjalankan software lebih cepat.

Misalnya ketika menggunakan HDD mungkin akan memerlukan waktu beberapa menit untuk menjalankan windows saat komputer atau laptop baru dinyalakan. Namun, hal ini tidak akan terjadi karena booting windows hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit jika menggunakan SSD.

3. Tidak Mengeluarkan Suara Saat Digunakan

Berbeda dengan HDD yang cenderung mengeluarkan suara ketika digunakan, SSD justru sama sekali tidak akan menghasilkan suara. Hal ini dikarenakan komponen dasar dalam SSD lebih ringan dibandingkan HDD. Sementara itu, HDD memiliki bentuk yang lebih besar karena di dalamnya terdapat piringan untuk memproses memori.

4. Lebih Kuat dan Tahan Banting

Banyak pengguna yang mengeluh karena HDD cukup sensitif ketika terbentur benda keras. Dalam banyak kasus, HDD tidak bisa berfungsi setelah terjatuh dan terbentur benda keras. Kalau sudah begini, pengguna pastinya merasa sangat kecewa karena sejumlah file yang telah disimpan dalam HDD tidak dapat lagi diakses.

Namun, jangan khawatir karena hal seperti itu tidak akan terjadi jika menggunakan SSD sebagai media penyimpanan. SSD memiliki ketahanan fisik yang lebih kuat dibandingkan dengan HDD karena komponen di dalamnya tidak menyebabkan gerakan mekanikal saat terguncang atau terjatuh.

5. Tidak Boros Listrik

Pada umumnya, HDD memerlukan daya listrik hingga 12 watt sementara menggunakan SSD hanya memerlukan daya 1 watt. Maka, dengan menggunakan SSD bisa lebih menghemat biaya listrik bulanan karena daya yang dibutuhkan jauh lebih kecil.

Daya listrik yang kecil ini juga tidak akan membuat SSD menjadi panas ketika digunakan. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan HDD karena suhu komponennya cenderung tidak stabil dan mudah menjadi panas jika digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Itulah penjelasan mengenai 5 kelebihan SSD dibanding HDD. Informasi ini sangat penting diketahui bagi yang ingin beralih dari menggunakan HDD menjadi SSD. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa baik SSD dan HDD memiliki fungsi yang sama karena keduanya merupakan instrumen penyimpanan file.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *