Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari
Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari

Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari

royaltekno.com – Hallo sobat setia royaltekno jumpa lagi bersam admin yang akan menyajikan informasi mengenai Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari.

Matahari sangat vital bagi kehidupan di alam semesta kita sehingga tidak mungkin ada tanpanya. Hampir semua makhluk hidup membutuhkan sinar matahari.

namun, jika sinar matahari tidak tersedia dan tanaman tidak dapat terbakar melalui proses fontosintesis dan membuat oksigen, kehidupan akan menjadi tidak seimbang.

Matahari memiliki rahasia penyembuhan bagi kesehatan manusia selain sebagai sistem yang berfungsi untuk meremajakan kehidupan.

Selain menjemur pakaian atau bahan makanan, manusia telah melakukan berbagai hal lain dengan menggunakan sinar matahari tanpa disadari.

Untuk menghasilkan massa kasur dan menghilangkan kuman, mengeringkan kasur, bantal, dan karpet di bawah sinar matahari.


Kita dapat memperoleh energi baterai tambahan 15-20% lebih banyak dengan mengeringkan baterai yang lembab di bawah terik matahari.

Tanaman dalam ruangan, di sisi lain, akan segera mati jika tidak terkena sinar matahari. Jauh sebelum manfaat sinar matahari diketahui, kita sudah sering melakukan upacara bendera di bawah terik matahari sejak sekolah.

Ada sesuatu yang terasa dalam diri kita setelah ritual tersebut, karena kita merasa lebih istirahat, lebih bertenaga, dan lebih sehat. Paparan sinar matahari telah lama diketahui memberikan manfaat kesehatan, tetapi kita terlalu sibuk untuk memanfaatkannya.


Misalnya, saat berangkat kerja di pagi hari dan pulang ke rumah di malam hari di kota besar. Banyak orang memelihara kehidupan hewan nokturnal.

beberapa bahkan bekerja dalam shift sepanjang malam dan tidur sepanjang hari. Begitu pula dengan pembangunan gedung, baik rumah maupun tempat kerja, dimaksudkan agar penghuninya terhindar dari sinar matahari langsung.

Itu semua karena manfaat sinar matahari tidak sepenuhnya disadari. Di satu sisi, sinar matahari dianggap sebagai penyakit; di sisi lain, digunakan sebagai alat pemasaran untuk kosmetik.


Menyalahkan matahari, misalnya, sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Sinar ultra violet sebenarnya merusak kesehatan kulit, karena dapat menyebabkan kulit terbakar akibat paparan radiasi yang berlebihan, serta kerusakan DNA.

Namun, ini tidak berarti bahwa matahari harus dihindari. Matahari memberikan keuntungan terbesar bagi kesehatan kita; matahari pagi dapat membuat kita lebih sehat dan bahagia.


Manfaat matahari digunakan sebagai pengobatan untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Helioterapi, yang telah dilakukan di negara-negara Barat sejak Yunani kuno, adalah terapi yang menggunakan sinar matahari sebagai obat.

Jadi, mengapa terapi ini diperlukan untuk meningkatkan kesehatan kita? Pertama, karena bisa dilakukan di rumah, terapi ini tidak mahal.

kedua, ini didasarkan pada penelitian tentang banyak manfaat sinar matahari dalam pencegahan dan pengobatan banyak penyakit.

Keuntungan ketiga adalah kita memiliki akses sinar matahari yang cukup sepanjang tahun.
Bagaimanapun, kita berada di daerah tropis. Berbagai sumber menunjukkan keuntungan dari paparan sinar matahari dini;

Manfaat Sinar Matahari

7 Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari - Gaya Tempo.co

1) Menghancurkan kuman, bakteri, mikroba, dan mikroorganisme lainnya. Alhasil, kita dianjurkan untuk membuka pintu dan jendela rumah di pagi hari untuk mendapatkan udara segar.

Demikian pula, mengeringkan area tubuh yang terluka di bawah sinar matahari tidak hanya mengeringkan luka tetapi juga menghancurkan bakteri;

Baca juga: Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan Wajah

2) Memperbaiki penampilan kulit dan menyembuhkan penyakit kulit seperti jerawat, eksim (peradangan), psoriasis (sisik), stretch mark, luka, bisul, dan kondisi kulit lainnya.


3) Mengobati TBC, Radang Tenggorokan, Pneumonia, Asma, dan Influensa. Jadi, mengapa kita tertular influenza saat musim hujan, ketika tidak ada sinar matahari?


4) Meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan dengan menyebabkan tubuh membuat lebih banyak sel darah putih, terutama limfosit, yang membantu pencegahan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.


5) Singkirkan suasana hati yang buruk, ketegangan, dan keputusasaan sebelum menjadi persisten.

Sinar matahari membantu meningkatkan rasa sejahtera kita dengan merangsang pembentukan endorfin, antidepresan alami yang diproduksi oleh tubuh yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gejala stres.

Selain itu, meningkatkan sintesis serotonin, neurotransmitter pengatur suasana hati di otak, yang meningkatkan kejernihan mental dan perhatian dalam situasi sehari-hari.


6) Istirahat malam yang cukup. Akibatnya, penderita insomnia yang bangun terlambat karena masalah tidur harus bangun pagi dan berjemur.

Paparan sinar matahari menyebabkan kelenjar di dasar otak memproduksi lebih banyak melatonin di malam hari, yang membantu kita tertidur lebih cepat dan menyeimbangkan aktivitas organ tubuh lainnya.


7) Memperkuat tulang: Saat terkena sinar matahari, kulit mengubah lemak menjadi vitamin D, yang membantu penyerapan kalsium di usus dan membantu transfer kalsium melintasi membran sel,.

Memperkuat tulang dan mencegah rakhitis pada anak-anak, osteomalacia (pelunakan tulang), dan osteoporosis pada lansia.


8) Menghambat dan menurunkan risiko kanker dengan merangsang produksi Vitamin D dan zat lain yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker usus besar, paru-paru, prostat, kulit, payudara, ovarium, dan leukemia.


9) Menjaga sirkulasi darah dan memperkuat sistem kardiovaskular dengan sinar matahari, yang dapat menstabilkan denyut nadi, tekanan darah, dan arteri.

Serta memperlebar kapiler terbuka pembuluh darah di sekitar kulit, memungkinkan nutrisi dan oksigen mengalir bebas ke sel-sel tubuh, salah satunya mencegah trombosis vena atau pembekuan darah di kaki dan meningkatkan volume darah yang dipompa oleh jantung.


10) Meningkatkan kebugaran pernapasan dengan memperluas pernapasan; sinar matahari meningkatkan kapasitas darah untuk mentransfer oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan mendorong akumulasi glikogen di hati dan otot.


11) Meningkatkan kekuatan seksual, kadar hormon seks, dan motilitas sperma selama pembuahan. Otak akan dirangsang untuk mengirimkan pesan untuk membuat hormon yang sangat berguna bagi reproduksi manusia.

Dengan cara menatap cahaya pagi saat masih dalam batas toleransi mata.


12) Membantu penderita diabetes dalam menurunkan kadar gula darah. Sinar matahari adalah insulin alami yang memungkinkan glukosa masuk ke sel-sel tubuh.

Mengubah gula darah menjadi glikogen dan mengurangi gula darah dengan meningkatkan penyimpanan gula di otot dan hati serta menstabilkannya.


13) Membantu detoksifikasi atau eliminasi racun. Sinar matahari membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan meningkatkan fungsi hati dan meningkatkan sirkulasi darah.

Memungkinkan racun dikeluarkan dari aliran darah melalui sistem ekskresi (urin, feses, dan keringat).


14) Menurunkan kolesterol, yang diubah menjadi vitamin D, dan kemudian kolesterol dalam darah mengalir keluar dari darah ke kulit, mencegah penyakit jantung melalui pengelolaan kolesterol darah.


15) Menurunkan berat badan dan mencapai fisik wanita yang sempurna. Dengan meningkatkan tingkat metabolisme melalui stimulasi tiroid, aktivitas ringan berkeringat di bawah sinar matahari akan membantu Anda menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh Anda.

Akhir kata

Itu tadi informasi singkat yang dapat admin sajikan mengenai dengan Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari, semoga dapat bermanfaat.

Jangan lupa untuk kembali mampir dan berkunjung pada royaltekno.com untuk kembali mendapatkan update informasi terbaru lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.