Mengenal Bagian-Bagian Piston Pada Mesin Mobil
Mengenal Bagian-Bagian Piston Pada Mesin Mobil

Mengenal Bagian-Bagian Piston Pada Mesin Mobil

Royaltekno.com -Dalam mesin mobil, piston adalah komponen utama dari mesin yang menggunakan sistem pembakaran internal.

Piston akan mengubah energi ledakan yang tercipta selama proses pembakaran menjadi gerakan naik turun, yang kemudian akan diteruskan menjadi gerakan berputar melalui connecting rod dan crankshaft.

Piston, sebagai komponen kunci dari mesin pembakaran internal, hadir dalam berbagai desain dan bentuk. Desain dan bentuk yang bervariasi dari piston ini memberikan peran dan tujuan yang memungkinkan mesin menghasilkan tenaga secara lebih efektif dan efisien.

Nah, pada tulisan kali ini ombro akan membahas tentang bagian-bagian piston pada mesin mobil. Berikut adalah komponen piston mesin mobil.

Mengenal Bagian-Bagian Piston Pada Mesin Mobil

1. Kepala Piston

Kepala piston adalah komponen piston yang langsung terhubung ke ruang bakar mesin. Piston menerima tenaga dari pembakaran dan mengatur kapasitas silinder di bagian ini.

Tergantung pada jenis mesin yang digunakan, bagian atas kepala piston memiliki desain dan bentuk yang bervariasi.

Desain kepala piston, yang memiliki kubah menjulang ke atas, menunjukkan bahwa piston ini dimaksudkan untuk digunakan pada mesin kompresi tinggi.

Bagian atas kepala piston cekung ke dalam, menunjukkan bahwa ini digunakan pada mesin kompresi rendah dan sering digunakan pada mesin yang menggunakan Turbo Intercooler.

2. Saku untuk Relief Katup

Kantong pelepas katup ini adalah komponen piston yang ditempatkan di dalam kepala piston; fungsinya untuk memberikan ruang bagi klep untuk bergerak naik turun agar tidak bertabrakan dengan kepala piston.

3. Kubah Kepala Piston

Dome merupakan komponen piston yang posisinya berada di atas kepala piston. Dome, didesain seperti kubah, dengan fungsi memperkecil volume ruang bakar guna meningkatkan tekanan kompresi.

Selanjutnya, kubah ini mengarahkan aliran campuran udara dan bahan bakar dalam suatu pola, meningkatkan efisiensi pembakaran.

4. Kunci Alur Cincin

Alur lock ring adalah parit yang dibuat di dalam lubang untuk menampung pin piston. Alur lock ring ini berfungsi sebagai penahan snap ring, mencegah pin piston meluncur keluar.

5. master piston

Bos piston adalah bagian di tepi tempat pemasangan pin piston yang diperkuat dengan campuran logam khusus untuk mencegah keausan dan membuat pin piston miring.

Gallery for Mengenal Bagian-Bagian Piston Pada Mesin Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.