Istilah Teknis Otomotif
Foto : Trialgame.id

Istilah-Istilah Teknis Otomotif Yang Jarang Kamu Ketahui, Pernah Denger?

Royaltekno.com – Hallo sobat info kendaraan roda dua merupakan salah satu teknologi yang sangat membantu manusia.

Kendaraan rdoa dua atau yang sering di sebut dengan motor dapat membawa orang dengan cepat sampai ke tujuan hanya dalam waktu sebentar.

Perkembangan zaman memang membantu manusia, layaknya manusia motor juga tidak sempurna dan membutuhkan perawatan agar awet, sehat dan tidak bermasalah ketika di kendarai.

Dalam otomotif terdapat istilah yang jarang di ketahui oleh banyak orang, istilah-istilah tersebut biasanya di pakai ketika kita ingin meningkatkan performa mesin atau ketika mesin bermasalah.

Istilah Teknis Otomotif yang jarang di ketahui banyak orang

1. Mapping ECU

Mapping Ecu merupakan proses penyesuaian parameter yang ada ECU, tujuannnya agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Biasanya mekanik akan mengatur semprotan bahan bakar dan juga timing perapian hingga kondisinya stabil dan aman.

Perlu di ketahui bahwa Mapping ECU hanya terdapat pada motor yang sudah menerapkan sistem injeksi dan memakai ECU aftermarket yang parameternya dapat di ubah atau tidakdi kunci.

2. Bledding Rem

Bledding rem merupakan salah satu proses pengeluaran angin palsu dalam sistem rem hidrolik, tujuannya yaitu agar rem kembali bekerja dalam keadaan normal.

Bleeding rem dapat di lakukan dengan cara memompa master rem sambil sesekali membuka nepel di kaliper rem untuk membuang angin palsu.

Proses bleeding rem di lakukan saat penggantian minyak rem.

3. Korek mesin

Korek mesin merupakan istilah yang di pakai saat mekanik melakukan peningkatan performa pada mesin, biasanya istilah korek mesin mengarah pada proses memperbesar lubang masuk dan keluar yang ada pada head silinder.

Baca juga :
Pen Spinning Tutorial | Langsung Bisa
Kunci Jawaban Tebak Kata Shopee | 146-155
Internet Cafe Simulator 2 unlock all item

Di bilang korek karna saat pengerjaan, mekanik melakukan pengorekan atau mengikis lubang masuk dan keluar di head silinder menggunakan bor kecil.

4. Piston mengancing atau nyeket

Piston mengancing atau nyeket, merupakan keadaan dimana piston mengunci atau mengancing pada dinding liner sehingga piston tidak dapat bergerak dan bekerja.

Piston mengancing atau nyeket di sebabkan akibat sistem pelumasan yang kurang baik atau bisa jadi karna settingan mesin yang salah.

5. Stroke UP

Stroke UP yaitu memperpanjang langkah piston, tujuannya untuk meningkatkan kapasitas mesin agar performa mesin meningkat.

Stroke up dapat di lakukan dengan mengganti setang piston, menggeser big end atau bisa juga mengganti pen stroke di kruk as.

Saat proses Stroke UP di lakukan, biasanya di ikuti dengan penambahan paking tebal di blok silinder atau bisa juga mengimbangi langkah piston yang lebih panjang.

6. Bore Up

Bore up memiliki arti memperbesar ukuran piston pada mesin, Bore up sering di lakukan pada mesin kendaraan roda dua atau motor.

Bore up biasanya di lakukan untuk meningkatkan kapasitas silinder mesin yang berujung pada peningkatan mesin.

7. Mesin jebol

Mesin jebol merupakan istilah untuk mesin yang mati atau rusak, tentunya motor tidak dapat di pakai karna kondisi mesin yang rusak parah.

Biasanya mesin jebol berkaitan dengan kerusakan pada bagian piston yang bolong atau rusak yang di akibatkan oleh beberapa faktor.

Ketika mekanik mengatakan mesin jebol, biasanya sang pemilik motor langsung lemes, karna biaya perbaikan akan menguras dompet dan kantong.

8. Over heat

Over heat terjadi karna mesin yang terlalu panas saat digunakan, tentunya ketika overheat akan muncul masalah saat di gunakan.

Over heat bisa di akibatkan karna mesin pendingin pada motor bermasalah, bukan hanya itu, modifikasi ekstream menjadi salah satu penyebab overheat.

Mesin motor akan rusak parah jika di paksakan jalan ketika overheat, dan masalah pada motor tidak segera di tangani.

9. Turun mesin/ belah mesin

Turun atau belah mesin merupakan istilah untuk perbaikan motor yang harus mempreteli seluruh bagian mesin.

Di sebut dengan turun mesin karna perbaikan motor yang harus sampai mempreteli seluruh bagian mesin dan mengganti spare part yang harus di ganti.

10. Tune Up

Tune up merupakan istilah untuk mengembalikan mesin ke performa yang paling optimal, Proses Tune up dilakukan dengan membersihkan setiap komponen yang ada.

Bukan hanya itu, proses Tune up di lakukan dengan cara menyetel ulang, dan mengganti komponen yang usang dan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.