Tiga Makna Dalam Naskan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Royaltekno.com– Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekannya karena kemerdekaan tujuan yang ingin di capai. Begitu juga dengan bangsa indonesi, Bangsa indonesia juga dulunya pernah mengalami penjajahan yang cukup lama sebelum merdeka sampai membuat rakyatnya menjadi merdeka.

Ahkirnya Perjuangan dahulu bangsa indonesia akhirnya terwujud dan resmi merdeka setelah Soekarno-Hatta mewakili atas nama bangsa indonesia Memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agugtus 1945.

Ada tiga makna yang terkadung dalam naskah proklamasi kemerdekaan indonesia adalah sebagai puncak perjuangan bangsa. Dalam proklamasi ini, Bahwa kemerdekaan bangsa indonesia direbut dengan perjuangan ataupun pengorbanaan para pahlawan dan di sertai doa seluruh bangsa indonesia.

Berikut ini ada tiga makna yang terkandung kemerdekaan indonesia:

Tonggok Sejarah Indonesia

Tonggok sejarah indonesia yang kini di tandai dengan proklamasi, Juga di iringi dengan lagu kebangsaan maupun naskar negara. Lagu indonesia raya adalah lagu kebangsaan negara republik indonesia yang di ciptakan sama WR Supratman yang pada tahun 1924. Akhirnya lagu indonesia raya resmi di tetapkan semagai lagu kebangsaan negara republik indonesia

Kita harus bersukur menjadi bangsa indonesia karena indonesia itu memiliki dasar negara pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, meski kita terdiri berbeda-beda suku dan budaya, tapi kita tetep bangsa indonesia. Kita juga memiliki bendara kebangsaat yaitu bendera merah putih sebagai identitas bangsa.

Menaikan Martabat Bangsa Indonesia terhadap bangsa yang lain

Pada perang dunia ke-2 yang pada masa kolonolial belanda dan jepang perang, Ucapan warga adalah warga terjajah dan harus tunduk pada politik diskriminasi rasial, ekonomi maupun politik.

Dalam espek fisik terlihat kemiskinan endemis yang masin meluas, kesehatan yang merosot dan angka kemiskinan yang semakin tinggi.

Dalam epek konfisik, terlihat kemiskinan semakin naik yang di akibatkan ketakutan terhadap bangsa lain, yaitu jepang dan belanda, dalam menyatakan bahwa indonesi sudah merdeka. Maka negara indonesia sejajar dengan negara yang lianya, bahkan indonesia telah menghapus penjajahan dunia.

Sebagai Puncak perjuangan bangsa

Nasib yang di rasakan oleh rakyat sejak kedatangan rakyat yang dari benua Eropa seperti Portugis, Sepayol, belanda masuk ke kepulouan nusantara dia untuk mencari rempah rempah makanan.

Nusantar juga pernah mengalami masa kelam, yang berupa tanah paska dimana lahan pertanian yang harus di tanam oleh komusitas berharga untuk perdagangan rempah-rempah, tebu, kopi, vanila dan berbagai hasil bumi yang lainnya.

Penutup

Sekian yang saya sampaikna kepada kalian semua semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.