Tips Sukses Investasi Untuk Masa Depan

By | January 15, 2022

Royaltekno.comTips sukses investasi untuk masa depan – Berinvestasi bukan hanya berkutat pada nominal dana yang akan di investasikan, namun kita harus dapat memperkirakan apa yang akan kita rencanakan.

Semua itu agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda harus lebih jeli dan memahami terlebih dahulu strategi berinvestasi.

Tentunya strategi ini perlu diterapkan sesuai kebutuhan kita dan kemampuhan kita, serta profi dan risiko. Untuk melakukan investasi di pasar modal, Anda dapat memanfaatkan produk saham seperti reksadana.

Strategi pertama yang dapat Anda gunakan adalah Dollar Cost Aperaging, yaitu berinvestasi setiap bulannya, ataupun setiap minggu dengan jumlah uang yang sama.

Baca Juga: Download Whatsapp Aero Terbaru V8.22 Apk Anti Banned 2021 dan 2022

Strategi ini juga disebut sebagai nabung rutin, dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur auto debet pada rekening. Melalui strategi seperti ini maka Anda akan dapat membangun sebuah impian yang sesungguhnya.

Kebiasaan berinvestasi secara konsisten dan mengurangi apa yang disebut dengan risiko kebiasaan konsuntif ketika memiliki dana menganggur karena dana sudah diinvestasikan secara rutin.

Selain itu, strategi ini sangat cocok untuk investor dengan gaji atau pendapatan bulanan yang bersifat tetap dan ingin berinvestasi dalam jangka yang lebih panjang.

Berinvestasi dengan cara seperti ini kita tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, yang terpenting Anda berinpestasi secara rutin, dengan begitu akumulasi dana akan terus meningkat.

Baca Juga: Manfaat Buah Rambutan Bagi Ibu Hamil

Tidak sedikit orang yang berinvestasi ingin cepat hasil, namun tidak memperhitungkan berbagai resiko yang mendera. Sering kali kita mengkhawatirkan pada market timing.

Selanjutnya merasa bingung sendiri dalam mencari waktu yang tepat untuk membeli atau menjual instrumen investasi. Padahal kondisi pasar setiap periode juga berada dan cukup sulit untuk di prediksi.

Oleh karena itu, investor pemula dapat memanfaatkan strategi DCA. Dengan berinvestasi secara berkala di periode yang berbesa, anda telah mendisverifikasikannya.

Strategi kedua adalah lump sum (LS), yaitu menyetor sejumlah dana besar di awal investasi dan membiarkan uang investasi tersebut bergerak naik turun mengikuti perkembangan pasar, tanpa melakukan tambahan investasi (top up) sampai investor memutuskan untuk mencairkannya.

Baca Juga: Tips Investasi Properti Untuk Pemula

Strategi ini cocok untuk investor yang ingin memiliki pendapatan tidak tetap atau ingin memanfaatkan dana menganggur dalam jumlah besar seperti bonus atau warisan untuk berinvestasi.

Dengan strategi ini, Anda akan mendapatkan imbal balik tinggi jika berinvestasi pada saat yang tepat yaitu membeli pada saat harga-harga NAB (Nilai Aktiva Bersih) sedang turun pada posisi terendah.

Sehingga memungkinkan investor memperoleh lebih banyak unit investasi pada harga yang lebih murah, dan menjual pada saat harga NAB pada posisi tertinggi.

Informasi selengkapnya dapat Anda temukan dalam artikel kami yang lainnya, yang sudah tayang pada pekan lalu. Selamat berinvestasi dan selamat untuk bekerja.