Ciri Khusus Bunga Bangkai

royaltekno.comCiri khusus bunga bangkai,Bunga bangkai atau Amorphophallus titanum adalah jenis tumbuhan berbunga yang terkenal karena memiliki bunga yang sangat besar dan mengeluarkan aroma busuk yang kuat ketika mekar.

Bunga bangkai sering kali menjadi pusat perhatian karena langka dan ukurannya yang luar biasa.

Kebanyakan taman botani dan kebun raya di seluruh dunia berusaha untuk menumbuhkan bunga bangkai dan memamerkannya saat mekar. karena momen tersebut bisa menjadi peristiwa langka dan menarik.

Nama ilmiahnya, “Amorphophallus titanum,” berasal dari bahasa Yunani yang dapat diterjemahkan sebagai “tongkat raksasa yang aneh.”

Berikut adalah beberapa ciri dan informasi lebih lanjut tentang bunga bangkai:

Ukuran Besar

Bunga bangkai memiliki struktur yang sangat besar, yang bisa mencapai ketinggian lebih dari 3 meter. Struktur ini terdiri dari spadiks (tongkat pusat) yang keluar dari pusat bunga dan spathe (daun penutup) yang membentuk struktur seperti payung.

Aroma Busuk

Salah satu ciri paling mencolok dari bunga bangkai adalah bau busuk yang dihasilkannya ketika mekar. Bau ini bertujuan menarik serangga penyerbuk yang biasanya tertarik pada bangkai atau materi organik yang membusuk.

Asal Usul

Ciri Khusus Bunga Bangkai

Bunga bangkai berasal dari hutan hujan Sumatra, Indonesia. Mereka tumbuh di lingkungan alami yang lembab dan hangat.

Siklus Hidup Unik

Bunga bangkai memiliki siklus hidup yang unik. Mereka dapat menghabiskan bertahun-tahun untuk tumbuh sebelum mekar, dan setelah mekar, mereka dapat masuk dalam masa dormansi sebelum tumbuh kembali.

Leave a Comment