3 Tahap Proses Akuntansi
3 Tahap Proses Akuntansi

3 Tahap Proses Akuntansi

84 View

Royaltekno.com – Hallo sobat kembali lagi dengan admin, kali ini admin akan memberikan informasi mengenai 3 Tahap Meliputi Proses Akuntansi.

Tenang saja sobat admin akan selalu memberikan informasi-informasi penting yang tentunya bisa bermanfaat dan membantu, sekaligus mengurangi rasa penasran Anda.

Pernahkah anda mendengar apa itu proses akuntasi? Nah, tentunya pernah bukan, namun tidak sedikit orang juga yang tidak memahaminya.

Tapi tenang saja dibawah ini admin akan mengulas secara singkat namun tentunya mudah di pahami, Yuk simak lebih lanjut ulasan yang akan admin sajikan.

Baca Juga: Bisnis Trading Forex Yang Perlu Kalian Ketahui

Apa Itu Akuntansi?

Akuntansi merupakan suatu pengukuran, penjabaran atau pemberian informasi terkait alokasi sumber daya yang memberikan suatu keputusan di dalam perusahaan atau organisasi.

Di dalamnya terdapat suatu proses yang dilakukan secara berulang-ulang kegiatan yang melakukan berbagai proses mulai dari transaksi keuangan hingga pada penyusunan laporan keuangan melalui suatu aturan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Hal itu disebut dengan siklus akuntansi, yang mana penyusunan laporan tersebut biasanya dibuat dalam ruang lingkup akuntansi untuk sautu waktu atau perode tertentu.

Laporan keuangan sendiri merupakan hasil akhir dari suatu peroses pencatatan akuntansi, yang merupakan kagiatan pengumpulan dan pengelohan data keuangan.

Disajikan dalam format laporan keuangan sesuai dengan standart kebijakan masing-masing perusahaan atau organisasi.

Tujuannya supaya membantu dalam membuat atau mengambil suatu keputusan atau strategi untuk kemajuan perusahaan kedepannya.

Dibawah ini kita langsung bahas saja 3 tahapannya, yuk di simak lagi.

Baca Juga: Cara Mengidentifikasi Peluang Bisnis

1. Tahap pencatan bukti transaksi keuangan

Tahap pencatatan bukti transaksi keuangan ini merupakan yang pertama dari tahap siklus akuntansi yang merupakan suatu proses pencatatan terkait seluruh bukti atas suatu transaksi keuangan yang telah dilakukan.

Mengingat dalam memulai seluruh proses tentu membutuhkan suatu data secara otentik dan akuntable. Hal tersebut akan bermanfaat pada mudahnya melakukan analisis arus kas atau cash flow perusahaan.

2. Tahap pembuatan ringkasan laporan keuangan

Tahap pembuatan ringkasan laporan ini merupakan yang kedua dari tahap siklus akuntansi yang merupakan proses meringkas laporan yang telah dibuat pada tahapan yang pertama.

Tujuan dari membuat ringkasan laporan keuangan tersebut adalah untuk memudahkan anda sebagai pelaku bisnis dalam melakukan analisis data.

Sehingga ketika ringkasan yang dibuat semakin ringkas dan jelas maka akan semakin membuat anda mudah dalam menganalisis. 

3. Tahap laporan keuangan atau financial statements

Tahap laporan keuangan ini merupakan yang terakhir dari tahap siklus akuntansi. Pembuatan laporan keuangan tersebut berdasarkan pada hasil dari analisis kedua tahapan yang telah dilakukan.

Baca Juga: Kesalahan Yang Harus Diketahui Dalam Investasi Saham

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat Admin jelaskan, semoga dapat bermanfaat dan membantu ya. Admin akan segera kembali dengan memberikan informasi menarik, terlengkap dan terupdate lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *