Metode Penilaian Investasi Suatu Proyek Yang Wajib Diketahui

By | April 30, 2021

RoyalteknoMetode Penilaian Investasi Suatu Proyek Yang Wajib Diketahui – Bisa dibilang layak atau tidaknya sebuah keputusan investasi dilakukan, maka hal tersebut bisa secara dianalisis dengan berbagai macam kriteria.

Sebuah penilaian investasi yang terbilang layak untuk bisa digunakan dan diberikan bisa dengan membandingkan sebuah rata-rata industri yang sejenis.

Terdapat beberapa metode penilaian investasi yang senantiasa bisa digunakan untuk menentukan apakah sebuah investasi itu sendiri layak atau tidaknya.

Pada setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebuah metode yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang membutuhkan.

Untuk mengukur sebuah investasi ada baiknya tidak hanya mengandalkan dari satu metode saja, karena dengan menggunakan beberapa metode dalam waktu yang bersamaa itu lebih baik.

Karena dengan semakin banyaknya metode yang dipakai, maka akan semakin banyak juga gambaran yang akan didapat dan lebih lengkap.

Dan juga informasi yang didapatpun akan lebih banyak sehingga bisa mencapai target sesuai yang diinginkan dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

faktor-faktor apa saja yang harus anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan investasi?

  1. Aset Finansial (Financial asset)
  • Tingkat keuntungan dan tingkat resiko
  • Jangka waktu investasi (time horizon)
  • Mengenali karakter
  • Mempelajari keuangan
  • Mengevaluasi jinerja keuangan
  • Melakukan diversifikasi

2. Aset non finansial (Non finacial asset)

  • Pajak penjualan
  • Pendapatan tambahan
  • Investasi dalam jangka panjang
  • Pemecahan masalah dengan berinvestasi
  • Tenaga kerja keluarga

Beberapa metode yang biasa dan sangat umum dipakai oleh seluruh perusahaan yakni sebagai berikut:

  1. Metode Payback Period (PP)
  2. Metode Net Present Value (NPV)
  3. Metode Average Rate of Return (ARR)
  4. Metode Internal Rate of Return (IRR)
  5. Metode Profotability Index (PI)
  1. Metode Payback Period (PP)

Metode Payback Period yaitu sebuah metode untuk mengetahui kapan waktu untuk kembalinya sebuah dana investasi yang sudah dikeluarkan.

Metode Payback Period ini untuk mengukur lamanya sebuah dana investasi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan dan akan kembali dengan keseluruhannnya.

Dengan menggunakan Metode Payback Period bisa dengan mudah mengetahui seberapa lamanya investasi bisa dikembalikan setelah terjadi suatu kondisi BEP (Break Even Point) atau yang disebut titik impas.

2. Metode Net Present Value (NPV)

Metode Net Present Value merupakan selisih nilai sekarang dari hasil investasi penerimaan uang kas yang telah terbilang bersih dimasa yang akan datang.

Dalam hitungan Metode Net Present Value memerlukan data-data perkiraan suatu biaya operasi dan pemeliharaan untuk biaya investasi dan juga perkiraan keuntungan dari sebuah investasi yang direncanakan.

3. Metode Average Rate of Return (ARR)

Metode Average Rate of Return ini bisa digunakan untuk menilai seberapa besar hasil keuntungan dari sebuah investasi. Keuntungan tersebut adalah laba yang telah bersih dari pajak.

Jadi untuk Metode Average Rate of Return diukur dari laba perusahaan yang didapat. Bukan dari arus kas investasi perusahaan.

4. Metode Internal Rate of Return (IRR)

Metode Internal Rate of Return merupakan metode analisis investasi dengan cara menghitung dari tingkat suku bunga untuk menyamakan present value (nilai sekarang) dengan present value dari hasil penerimaan arus kas dimasa yang akan datang selanjutnya.

Salah satu Metode Internal Rate of Return yang satu ini merupakan metode yang paling sering dilakukan karena caranya yang terbilang lebih mudah untuk digunakan.

5. Metode Profotability Index (PI)

Metode Profotability Index merupakan cara untuk membandingkan antara nilai dari arus kas dimasa yang akan datang dengan suatu nilai pengeluaran investasi pada yang sekarang.

Metode Profotability Index biasa dikenal dengan profit investment ratio atau (rasio laba investasi) dan juga value investment ratio (rasio investasi nilai).

Itu tadi merupakan metode penilaian investasi suatu proyek yang wajib diketahui bagi anda yang memiliki sebuah perusahaan. Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan bisa digunakan dengan baik.